LUPA MENYALAKAN LAMPU UTAMA

Posted : Jumat 09-Juni-2017

Saat ini semakin banyak mobil yang menggunakan sistem digital untuk dashboardnya. Tampilannya memang sangat menarik dan terkesan mewah. Jika dahulu, lampu dashboard baru akan menyala saat lampu mobil dinyalakan, maka untuk sisem digital ini, panel dashboard akan menyala secara otomatis saat kunci kontak pada posisi ON.

Namun tampilan mewah tersebut, diam-diam juga mengancam keselamatan berkendara. Saat berkendara malam hari, khususnya di area perkotaan yang lalu lintasnya cukup ramai, dan penerangan jalan umum cukup mencukupi, seringkali pengemudi lalai menyalakan lampu utama kendaraannya. Mengapa ? Karena mereka melihat dashboardnya sudah menyala, sehingga merasa bahwa lampu mobilnya juga sudah menyala. Akibatnya, mereka menjalankan mobil tersebut tanpa menyalakan lampu. Hal ini tentu akan sangat membahayakan bagi sesama pengguna jalan.

Untuk itu, mari kita cermati sebelum menjalankan kendaraan kita di malam hari, pastikan semua aman, sabuk pengaman terpasang, lampu utama dihidupkan, suasana sekitar aman, dan mulai menjalankan kendaraan.